MASYA 'ALLAH !!! Rupanya banyak yang salah mandi wajib ... Ini cara mandi wajib yang benar !!


Mandi wajib adalah kata yang mudah disebut, tetapi jangan terkejut jika dikatakan banyak umat Islam di tanah air kita yang tidak sah mandi wajibnya karena tidak melakukannya dengan benar.

Untuk melakukan mandi wajib yang benar, seseorang tidak dapat melakukannya dengan hanya mandi secara berdiri atau duduk mencangkung saja. Sebaliknya, ia harus dilakukan dalam kedua2 situasi memungkinkan seseorang itu meratakan air ke seluruh anggota badannya yang zahir.

Asisten Direktur Bagian Dakwah, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Uztaz Haji Mat Jais Kamos, 49, menegaskan, bagaimanapun, berdasarkan pengalamannya sebagai mantan kadi di Kantor Agama Islam Gombak Timur dan pembicara, tersedia banyak umat Islam yang tidak mengetahui hal ini.

"Akibatnya, mandi majibnya menjadi tidak sah karena tidak memenuhi salah satu rukun mandi wajib yaitu meratakan air keseluruh anggota badan yang zahir. Setelah mandi wajib tidak sah, ibadah yang dilakukan oleh seseorang itu juga turut tidak sah. Itulah akibatnya jika tidak melakukan mandi wajib dengan betul, "tegasnya ketika ditemui di rumahnya di Taman Sri Keramat Kuala Lumpur.

Mandi wajib yang juga sebagai mandi j # Nub atau janabah tidak bisa diremehkan oleh umat islam. Setiap orang yang mlakukannya harus mengetahui dan memenuhi rukun2nya. Jika tidak mandi wajib seseorang itu tidak akan sah.

Rukun mandi wajib ada 3 hal. Pertama, niat. Kedua, menghilangkan najis di badan. Ketiga, meratakan air keseluruh anggota badan yang zahir.

Niat mandi wajib: "Aku mengangkat hadas besar karena Allah Ta'ala." Atau "Aku mandi wajib karena Allah Ta'ala."

Niat itu di dalam hati dan ia harus disertakan ketika air sampai ke mana2 bagian anggota tubuh.

Bagi perempuan yang haid, niat mandi wajib adalah: "Aku mengangkat hadas haid karena Allah Taala." 
Sedangkan bagi perempuan yang habis nifas, niat mandi wajibnya adalah: "Aku mengangkat hadas nifas karena Allah Ta'ala".

Niat itu jika dilambatkan atau ketika seseorang memulainya setelah dia membasuh salah 1 anggota badannya akan membuat mandi wajibnya tidak sah. Jadi dia harus memulai kembali niatnya ketika dia mulai menyampaikan air keseluruh anggota badannya. Jika dia berniat sebelum air sampai ke badan, niat itu juga tidak sah. Jadi mandi wajibnya tidak sah.

Tentang rukun mandi wajib yang ke2, yaitu menghilangkan kotoran yang ada pada tubuh, menurut Ustaz Haji Mat Jais, menurut Imam Nawawi, jika kita ada najis di badan, kotoran itu bisa dicuci bersamaan dengan mandi wajib. Artinya membasuh najis dengan mandi itu dapat disekalikan.

Sementara rukun mandi wajib yang ke3, yaitu meratakan air ke seluruh anggota badan yang zahir, meliputi kulit, rambut dan bulu yang ada di badan, sama ada bulu2 yang jarang atau lebat. Jika rambut seseorang itu ditocang atau disanggul, sekiranya tidak sampai air ke dalamnya, tocang atau sanggul itu wajiblah dibuka. Bulu2 dalam lubang hidung pula, tidak wajib dicuci karena dianggap batin. Namun jika, bulu2 di dalam hidung itu bernajis, ia wajiblah dicuci.

Mengenai kuku pula, jika di dalam kuku ada kotoran yg dapat mencegah sampai air ke tubuh khususnya di bagian bawah kuku, kotoran itu wajiblah dibuang. Membuang kotoran di dalam kuku itu pula dapat dilakukan ketika sedang mandi.

Tentang rambut yg diwarnakan pula selain inai, inilah yang merumitnya.

Sebenarnya jika rambut seseorang itu diwarnakan dengan pewarna selain inai, mandi wajib seseorang itu tidak sah. Jadi, seseorang yang menyemir rambutnya dengan pewarna selain inai, jika dia hendak mandi wajib, dia harus membuang pewarna pada rambutnya terlebih dahulu. Tetapi untuk membuang pewarna itu pula bagaimana? ..

Inilah yang rumitnya. Sedangkan pewarna pada rambut itu sebenarnya tidak bisa dibuang begitu mudah.

Yang menyebabkan mandi wajib orang yang menggunakan pewarna pada rambutnya tidak sah karena pewarna itu akan menyalut rambutnya yang menghalangi air sampai ke rambut. Ini berbeda dengan inai. Henna sebenarnya akan meresap ke rambut, tetapi pewarna pula akan menyalut rambut menyebabkan air terhalang ke rambut.

Tapi dalam hal ini, jangan pula ada yang salah faham. Sebenarnya pewarna itu jika dikeluarkan sertifikat halal oleh JAKIM dan jika pewarna itu tidak bernajis, bukanlah berarti menjadi tidak sah. Dalam hal ini, sukalah saya menyatakan bahwa sembahyang  dan mandi wajib itu berbeda. Jadi, harus dipandang dari sudut yg berbeda.

Dalam hal ini juga, sukalah saya menyatakan, uraian tentang rukun mandi wajib seperti yang telah saya sebutkan ini adalah merupakan perbedaan sah atau tidak mandi wajib. Jadi, ia perlulah diberikan perhatian yang lebih oleh umat Islam.

Tentang sebab2 seseorang wajib mandi wajib pula, Ustaz Haji Mat Jais menegaskan, sebab2nya terdiri dari 6 alasan. 3 sebab melibatkan pria dan perempuan yaitu karena bersetubuh meskipun tidak keluar air m@ni, keluar air m@ni dan m@ti. Sedangkan 3 alasan lagi hanya melibatkan kaum perempuan saja, yaitu keluar darah haid, nifas dan melahirkan anak (wiladah).

Mandi wajib dapat dilakukan di mana2 dengan menggunakan air mutlak apakah air sumur, air ledeng, sungai laut dan danau.

Bagi pasangan suami istri yang bersetubuh pula, mereka tidak selalu mandi setelah bersetubuh, tetapi diwajibkan mandi ketika ingin beribadat. Setelah bersetubuh pula, jika ia dilakukan pada waktu malam, jika tidak ingin mandi wajib, seelok2nya ambillah wuduk sebelum tidur itu adalah sunat, sementara tidak berwuduk sebelum tidur adalah makruh.

Sumber dari: JAKIM

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MASYA 'ALLAH !!! Rupanya banyak yang salah mandi wajib ... Ini cara mandi wajib yang benar !!"

  1. Ayo asah skill poker Anda dengan bermain melawan pemain-pemain profesional dari seluruh dunia dan raih keuntungan lebih di saat bersamaan dengan bermain Poker Online Di JAGODOMINO.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  2. angan lewatkan Bonus terbaru di bulan desember
    sebelum natal dan tahun baru donacopoker berikan bonus flash
    pada 14 desember 2018
    Poker Online Terpercaya
    Daftar Donacopoker
    Donaco Poker
    judi kartu online
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus